Sabtu, 15 Agustus 2020 - 16:34 WIB

Salah seorang anggota PSHT Gianyar saat mendonorkan darah.

Salah seorang anggota PSHT Gianyar saat mendonorkan darah.

PSHT, Puri dan Pemerintah Desa Blahbatuh Perkuat Solidaritas dengan ‘Darah’

Bali – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) bersama Pemerintah Desa Blahbatuh dan Karang Taruna Gianyar menggelar aksi sosial kemanusiaan donor darah. Difasilitasi oleh Puri Agung Blahbatuh Gianyar dan PMI Kabupaten Gianyar kegiatan yang diselenggarakan di halaman Puri ini, menargetkan mendapat donasi 100 kantong darah dari pendonor, Sabtu (15/8).

Terlebih dalam momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun, 17 Agustus 2020 ini, menurutnya menjadi momentum untuk merawat dan memperkuat semangat pengabdian dan solidaritas dengan berbagi melalui aksi donor darah ini.

Penglingsir Puri Agung Blahbatuh, I Gusti Ngurah Jelantik, yang juga sebagai Dewan Penasihat PSHT Cabang Gianyar mengungkapkan bahwa aksi donor darah ini adalah sebuah pengabdian. Apa yang dirasakan Bangsa dan Negara saat ini, dalam menghadapi musibah pandemi Covid-19, harus menjadi kepedulian semua pihak.

“Apa yang saat ini dirasakan bangsa dan Negara kita, kami turut merasakannya. Aksi sosial donor darah ini adalah pengabdian, berbagi pada sesama dalam peringatan Hari Kemerdekaan. PSHT bersama organisasi yang lain dulu sama-sama berjuang dengan darah dalam perjuangan kemerdekaan,” tuturnya ditemui di lokasi acara.

Kiri-kanan: Ketua PSHT Gianyar, Hj. Sunarwandi, Penglinsir Puri Agung Blahbatuh Gianyar, I Gusti Ngurah Djelantik, Kepala Desa Blahbatuh, Gede Satria Kusuma, Perwakilan PSHT Pusat (Madiun), Mas Hj. Djuworo (dua kanan)

Kepala Desa Blahbatuh, Kec. Blahbatuh, Gianyar, Gede Satria Kusuma selaku penyelenggara dalam kesempatan yang sama, mengatakan kegiatan ini terselenggara setelah berkomunikasi dengan PMI dan mendapatkan informasi bahwa persediaan darah yang dimiliki sudah menipis.

“Setetes darah itu sangat berarti bagi sesama kita. Maka kami putuskan untuk menggelar donor darah ini, juga sebagai solidaritas sosial kita di Hari Kemerdekaan dan perjuangan melawan Covid-19,” ungkapnya.

“Kita targetkan dapat 100 kantong darah, donasi dari masyarakat Blahbatuh dan anggota PSHT Kabupaten Gianyar. Ke depan, rencananya kegiatan ini akan kita lakukan secara rutin tiap tahun setiap peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” tandasnya.

Ketua Cabang PSHT Gianyar, Hj. Sunarwandi pada kesempatan itu, mengungkapkan bagi PSHT kegiatan ini menjadi salah satu ajang berdarma. Saat disampaikan ide untuk melaksanakan donor darah untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75, ia mengaku pihaknya langsung menyambut baik.

“Kami mengundang semua anggota PSHT untuk dapat ikut mendonorkan darahnya, namun memang petugas dari pihak PMI nanti akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, hasil pemeriksaan akan menentukan boleh tidaknya mendonorkan darah. Aksi ini sejalan dengan semangat dari PSHT yaitu persaudaraan,” ujarnya.

Senada dengan itu, perwakilan PSHT Pusat (Madiun), Mas Hj. Djuworo mengatakan bahwa persaudaraan adalah yang utama dalam PSHT. Meski PSHT lebih dikenal dengan tempat belajar bela diri Silat, namun ia mengatakan menjadi jawara bela diri bukanlah yang utama dalam PSHT.

“Seperti namanya, PSHT, persaudaraan yang utama, Silat itu nomor sekian. Tujuannya bukan jadi jawara dan gaya-gaya-an, tapi mencari saudara tanpa terbatas suku, agama, ras, maupun golongan tertentu. Aksi donor darah ini bagian dari nafas semangat persaudaraan PSHT, darah yang kita berikan akan menyelamatkan saudara kita yang membutuhkan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Blahbatuh, Desak Nyoman Trisna Dewi bersama sejumlah anggotanya yang turut terlibat dalam penyelenggaraan aksi sosial itu mengaku senang dan bangga dapat ikut terlibat dalam penyelenggaraan aksi sosial donor darah itu.

“Kami dari Karang Taruna bertugas membantu kepanitiaan, selain juga ada anggota kami yang ikut mendonor. Kami senang dapat memperingati Hari Kemerdekaan Negara kita dengan kegiatan sosial seperti ini, terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, memang sudah seharusnya kita saling membagun solidaritas,” tandasnya.

Artikel ini telah dibaca 183 kali

loading...
Baca Lainnya

Menarik ! Keterangan BPN Denpasar Atas Sertifikat Ganda Kasus Bank BPD Bali

Denpasar – Ada menarik dalam keterangan disampaikan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Denpasar terkait sertifikat...

I Ketut Semara Putra (kanan) selaku Plt Kasubag Tata Usaha BPN Denpasar.

1 Oktober 2020, 10:07 WIB

Sertifikat Ganda Lahan Diklaim BPD Bali, Ini Penjelasan BPN Denpasar

Denpasar – Sengketa lahan sertifikat ganda yang berbuntut penguasaan lahan seluas 3,85 are dilakukan Bank...

Ruang Penyimpanan Warkah BPN Denpasar.

28 September 2020, 20:24 WIB

Bau Tak Sedap Tanah Diklaim BPD Bali di Jalan Gadung Menguat

Denpasar – Patut diduga ada tidak beres dalam penguasaan tanah warga seluas 3,85 are dilakukan...

Plang BPD di atas sebidang tanah di Jalan Gadung, Denpasar.

25 September 2020, 19:12 WIB

Sertifikat Ganda ! BPD Bali Bantah Serobot Tanah Tapi Tidak Tahu Muasal

Denpasar – Sebidang tanah luas 3,85 are di Jalan Gadung, Desa Dangin Puri Kangin, Kec....

Kepala Divisi Umum dan Kesekretariatan BPD Bali, IB Gede Ary Wijaya Guntur.

21 September 2020, 21:05 WIB

114 Tahun Pekik Semangat Perang Puputan Badung

Denpasar –  Kidung atau ‘kakawin babad’ cikal bakal pekik semangat perang ‘puputan’ diperdengarkan, bersaut dalam...

Ilustrasi

21 September 2020, 13:16 WIB

Terima Mandat Ketua Umum, Pengacara Wayan “Tang” Adimawan Nahkodai HAPI Bali

Denpasar – Pengacara millennial Bali, I Wayan Adimawan, SH., MH., mendapat mandat dari Ketua Umum...

I Wayan Adimawan, SH., MH.

15 September 2020, 17:41 WIB

loading...