Senin, 18 Januari 2021 - 17:50 WIB

Sekretaris DPRD Kota Padang Hendrizal Azhar. Foto: dprd.padang.go.id

Sekretaris DPRD Kota Padang Hendrizal Azhar. Foto: dprd.padang.go.id

Sekretaris DPRD Kota Padang Bantah Temuan BPK

Padang, – Sekretaris DPRD Kota Padang Hendrizal Azhar membantah adanya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) soal kelebihan pembayaran atas Belanja Perjalanan Dinas di Sekretariat DPRD Kota Padang tahun 2019 lalu.

Bantahan itu disampaikan Hendrizal Azhar kepada deliknews.com ketika dipertanyakan terkait surat konfirmasi soal dugaan temuan BPK yang diberikan pada November 2020 lalu, namun surat yang diberikan belum dibalas.

“Surat tentang apa itu, konfirmasi tentang apa. Itu informasi darimana,” ujar Hendrizal Azhar via seluler kepada deliknews.com, Rabu (13/1/21) kemarin.

Disampaikan kepada Sekwan bahwa wartawan memiliki hak tolak untuk tidak mengungkapkan identitas narasumber. “Kalau misalnya rahasia, saya juga bisa rahasia,¬†huhu,” jawab Sekwan sembari tertawa.

“Tidak ada, tidak ada masalah. Tahun 2019 tidak ada. Jika ada pemeriksaan pasti dikonfirmasi dulu sebelum keluar LHP,” ungkap Sekretaris DPRD Kota Padang Hendrizal Azhar membantah informasi soal dugaan temuan BPK terhadap kelebihan pembayaran atas Belanja Perjalanan Dinas di Sekretariat DPRD Kota Padang tahun 2019.

Baca juga: Praktisi Hukum Ini Apresiasi Kejari Galus, Tindaklanjuti Temuan BPK RI

Darlin WM Terima Penghargaan dari BPK RI

Menurut penelusuran dan informasi yang diterima deliknews.com, terdapat dugaan temuan BPK atas kelebihan pembayaran atas Belanja Perjalanan Dinas di Sekretariat DPRD Kota Padang tahun 2019 sebesar Rp200 juta lebih.

Adapun dugaan temuan BPK itu berikut ini. Pertama kelebihan pembayaran atas Belanja Perjalanan Dinas Luar Negeri (Vanezia dan Italia) pada Sekretariat DPRD Kota Padang sebesar Rp72 juta lebih.

Perjalanan dinas dilaksanakan untuk kunjungan kerja dan studi banding oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Padang pada tanggal 20 s.d. 26 Juli 2019, diikuti oleh enam orang yakni satu Wakil Ketua DPRD, empat Anggota DPRD, dan Sekretaris DPRD.

Kedua, terdapat kelebihan pembayaran atas belanja perjalanan dinas dalam dan luar kota pada Sekretariat DPRD sebesar Rp125 juta lebih. 

Kemudian terdapat pengelolaan perjalanan dinas luar daerah luar provinsi belum memadai. Pembayaran sewa kendaraan untuk perjalanan dinas ke luar provinsi sebesar Rp41 juta lebih yang dipertanggungawabkan sebagai komponen uang transport yang belum ada ketentuannya.

Dari 16 perjalanan dinas yang menggunakan kendaraan sewa, hanya satu dokumen SPj yang melampirkan bukti STNK dan identitas pemilik kendaraan (SIM, KTP, NPWP). Sebanyak 15 bukti pertanggungjawaban lainnya hanya melampirkan kuitansi sewa. Diantara 15 kendaraan yang disewa, berdasarkan pengecekan BPK pada basis data SAMSAT Provinsi Sumatera Barat diketahui Dua nomor polisi kendaraan yang menjadi bukti pertanggungjawaban tidak terdaftar di SAMSAT Provinsi Sumbar.

Dua kuitansi tidak mencantumkan nomor polisi sehingga tidak dapat dikonfirmasi, Satu nomor polisi kendaraan yang disewa sebanyak empat kali dalam kondisi terblokir karena pajak kendaraan tidak dibayarkan, dan Tiga nomor polisi tidak sesuai jenis kendaraan dengan yang disampaikan dalam kuitansi.

Selanjutnya, terdapat PPh dan PPN atas sewa kendaraan belum dipungut dan disetor ke kas negara senilai Rp5 juta lebih.

Pemberian bantuan BBM untuk perjalanan dinas luar provinsi tidak sesuai ketentuan senilai Rp1 juta lebih. Diketahui masih terdapat pemberian bantuan BBM untuk perjalanan dinas atas nama DS dengan tujuan Dinas Kesehatan dan RSUD Kota Bogor serta Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, berupa perjalanan pulang dari Jakarta yang tidak menggunakan kendaraan dinas, tetapi memperoleh reimburse atas BBM sebesar 136,22 liter dan tiket penyeberangan kendaraan.

Berikutnya, pertanggungjawaban perjalanan dinas menghadiri undangan Turnamen Golf dalam Rangka Silaturahim Masyarakat Minang dan Rekan di Bogor sebesar Rp115 juta lebih tidak memadai.

Dokumen pertanggungjawaban diketahui tidak dilengkapi dengan dokumen pelaporan maupun dokumentasi foto hasil perjalanan dinas mengenai kegiatan yang dilaksanakan dalam perjalanan dinas tersebut, serta keterkaitanya dengan peningkatan kerjasama bisnis, investasi, dan pariwisata di Kota Padang serta kaitannya dengan tugas-tugas DPRD dan Sekretariat DPRD.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 71 kali

Baca Lainnya

Program Yuk Ngopi Wae, Kapolresta Tangerang Audiensi Aliansi Mahasiswa

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro melaksanakan Program Kapolda Banten Irjen Pol...

6 Maret 2021, 22:51 WIB

Polda Aceh Gelar Sidang Penetapan Kelulusan Seleksi Sekolah Insfektur Polisi

  Polda Aceh melalui Biro SDM, Sabtu (6/3/21) sore menggelar sidang penetapan kelulusan Tingkat Panitia...

6 Maret 2021, 21:30 WIB

BEM KM Universitas Andalas Pertanyakan Bantuan Bidikmisi

Padang, – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM Unand) mempertanyakan masalah bantuan...

Kampus Universitas Andalas

6 Maret 2021, 20:08 WIB

Remaja dalam Lingkaran Bonus Demografi

Oleh : Ilham Mida, S.Pdi (Guru BK SMAN 5 Bukittinggi) Masa remaja merupakan masa yang...

Ilham Mida, S.Pdi (Guru BK SMAN 5 Bukittinggi)

6 Maret 2021, 13:45 WIB

Polsek Sikakap Dorong Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Kepulauan Mentawai, – Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH dan jajarannya bekerja sama dengan Forkopimca...

Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH dan jajarannya bekerja sama dengan Forkopimca melakukan bersih-bersih diwilayah Sikakap, Jum'at (5/3/21).

6 Maret 2021, 12:55 WIB

Cek Mapolsek Cisoka, Kapolresta Tangerang Bagikan Masker ke Tahanan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengunjungi Polsek Cisoka, Jumat (5/3/2021). Dalam...

6 Maret 2021, 10:41 WIB

loading...