Temuan BPK, Ini Anggota DPRD Kota Padang yang Perjalanan Dinas ke Italia

Padang, – Berdasarkan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Sekretariat DPRD Kota Padang melaksanakan perjalanan dinas ke Venezia, Italia pada tanggal 20 s.d 26 Juli 2019 sesuai Surat Perintah Tugas (SPT) Nomor 093.1/177/LN-SPT/BU-VII/2019 tanggal 19 Juli 2019 dan diikuti oleh Enam orang terdiri dari Satu orang Wakil Ketua DPRD, Empat orang Anggota DPRD, dan Sekretaris DPRD. Adapun nama inisial peserta perjalanan dinas tersebut yakni WIR, Jmd, Zlh, Dsm, Rfl, dan Syh.

Dari perjalanan dinas ke Venesia Italia itu, BPK mengungkapkan temuan berupa kelebihan pembayaran atas belanja perjalanan dinas sebesar Rp72.564.000,00. Kemudian ditemukan juga kelebihan pembayaran atas belanja perjalanan dinas dalam dan luar kota sebesar Rp125.843.686,00.

Dalam pelaksanaan perjalanan dinas ke Luar Negeri (Venezia), BPK menemukan persoalan pengenaan tarif uang paket perjalanan dinas tidak sesuai Peraturan Walikota Nomor 38 Tahun 2019, kelebihan pengenaan tarif uang paket perjalanan dinas, jumlah pelaksana perjalanan dinas melebihi ketentuan, dan output pelaksanaan perjalanan dinas Luar Negeri tersebut tidak sesuai tujuan.

Kemudian untuk kelebihan pembayaran atas belanja perjalanan dinas dalam dan luar kota disebabkan biaya penginapan dipertanggungjawabkan lebih tinggi dari seharusnya dan terdapat pelaksana perjalanan dinas yang tidak menginap pada Hotel sesuai bukti pertanggungjawaban.

Baca juga: Sekretariat DPRD Kota Padang Belum Kembalikan Seluruh Uang Negara Atas Temuan BPK

Sekretaris DPRD Kota Padang Bantah Temuan BPK

Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Yusnadewi, kepada deliknews.com pada (8/2/21) kemarin menyampaikan bahwa BPK merekomendasikan temuan tersebut untuk diproses kelebihan pembayaran atas pelaksanaan perjalanan dinas yang pertanggungjawaban bukti perjalanan dinasnya tidak sesuai kondisi senyatanya itu sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan menginstruksikan PPK terkait supaya mempertanggungjawabkannya dengan cara menyetorkan ke Kas Daerah.

Dalam Laporan Hasil Pemantauan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Semester I 2020, dilaporkan bahwa Sekretariat DPRD Kota Padang telah melakukan penyetoran atas kelebihan pembayaran perjalanan dinas tesebut sebesar Rp181.130.086,00 ke Kas Daerah. Dengan demikian, jumlah kelebihan pembayaran yang belum disetor ke Kas Daerah adalah sebesar Rp19.077.600,00.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
ADVERTISEMENT
Login Areal