Resmi Beroperasi, KM Dharma Kartika VIII Buka Kans di Segment Pariwisata Sumsel-Bangka

Penasehat Utama PT DLU Bambang Haryo Soekartono diatas kapal KM Dharma Kartika VIII

Palembang – KM Dharma Kartika VIII yang dioperasikan PT Dharma Lautan Utama, resmi beroperasi di lintasan Tanjung Api-Api, Banyuasin – Tanjung Kelian, Muntok Bangka, pada Rabu (22/6).

Penasehat Utama PT Dharma Lautan Ir.Bambang Haryo Soekartono mengatakan, KM Dharma Kartika VIII ini merupakan kapal yang memiliki standart keselamatan Internasional, Safety Of Life At Sea (Solas) dan kapal ini memiliki kelebihan-kelebihan dibanding dengan armada lainnya.

Bacaan Lainnya

“Kapal ini, dilengkapi berbagai fasilitas yang inovatif, mulai  ruang rekreasi, spot photo, ruang bermain anak, ruang medis, ibu menyusui, smooking area, dan mandi dengan air hangat yang dikhususkan untuk para sopir. Selain itu, seluruh kelas ekonomi  dilengkapi dengan riclining seat yang membuat nyaman pelanggan “kata Bambang Haryo, saat memantau langsung pelayaran perdana di Tanjung Api-Api menuju Tanjung Kelian, Muntok, Bangka, Rabu.

Pemilik sapaan akrab BHS ini mengatakan,  KM Dharma Kartika VIII  mempunyai 600 kapasitas angkut penumpang,  diantaranya 250 seat di ruang electon, ruang penumpang tidur sekitar 200, dan ruang tidur sopir sebanyak  150 penumpang.

Kapal ini, lanjut BHS, memiliki panjang 71 meter, lebar 14,5 meter dan saat pengoperasian perdana, kapal ini mengangkut 50 kendaraan campuran yang dimana kapal-kapal disana setidaknya mengangkut antara 50-70% dari kapasitas angkut.

KM Dharma Kartika VIII ini, sambung BHS, memiliki kans pada segment pariwisata atau maritim tourism, yang mana pada segment ini belum maksimal dilakukan oleh perusahaan angkutan lainnya di Indonesia dan ini baru dimulai oleh PT DLU, dengan Kirana VII yang diresmikan akhir tahun 2021 lalu oleh Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, kemudian KM Dharma Kartika VIII.

Untuk itu, kata BHS, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan pengoperasian KM Dharma Kartika VIII ini untuk kepentingan pariwisata dan juga edukasi, lantaran waktu tempuh Palembang-Bangka hanya 3 jam. Ucap BHS

Sementara itu, Matius, penumpang asal Muntok Bangka mengatakan pihaknya sangat berterima kasih dengan kehadiran kapal ini, apalagi bisa naik kapal ini, semua kondisinya sangat bagus. Pelayanan makan juga bagus,  semua pelayanannya sangat kita apresiasi”Katanya.

Ditempat yang sama, Adip penumpang dari Aceh mengungkapkan bahwa kapal KM Dharma Kartika VIII, merupakan kapal terbaik dalam pengalamannya berlayar.

“Fasilitasnya sangat lengkap, sepanjang menumpang kapal baru kali ini mendapatkan kapal yang sangat bagus, mewah dan semua kondisi kapal sangat baik, fasilitasnya juga bagus, toiletnya sangat bersih dan petugasnya ramah serta sangat responsif”Kata Adip, penuh kesan.

Pos terkait

loading...