Senin, 28 September 2020 - 15:02 WIB

JKSS dan JKM Pasaman Jadi Temuan BPK, Ini Kata BPJS Kesehatan

Sumbar, – BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi membalas surat konfirmasi Deliknews.com perihal permasalahan Program Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato (JKSS) dan Jaminan Kesehatan Masyarakat Pasaman Saiyo (JKMP-Saiyo) Kabupaten Pasaman.

Surat diterima Deliknews.com dengan nomor 3378/lll/05/0920 pada 28 September 2020, ditanda tangani oleh Kepala BPJS Cabang Buktinggi Yessy Rahimi.

Sebelumnya Deliknews.com mengirimkan surat konfirmasi tertulis kepada BPJS Cabang Bukittinggi terkait permasalahan JKSS dan JKMP-Saiyo yang diduga masuk dalam temuan BPK.

Disampaikan Yessy Rahimi terhadap data ganda dan meninggal belum dapat dipastikan benar-benar ganda atau meninggal karena BPJS Kesehatan belum menerima soft copy data tersebut by name by address.

Menurut BPJS, terhadap data meninggal, dapat dinonaktifkan kepesertaan JKN-KIS apabila adanya surat keterangan meninggal yang dilaporkan oleh keluarga peserta atau pemerintah daerah.

Kemudian untuk data yang kondisinya dianggap tidak ditemukan pada data kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasaman, berdasarkan pengecekkan pihak BPJS bahwa peserta di dalam data tersebut pernah mendapatkan pelayanan pada fasilias kesehatan di Kabupaten Pasaman yang artinya peserta ada atau berada di wilayah Kabupaten Pasaman.

Sementara untuk persoalan informasi hasil anaslisis BPK, BPJS Kesehatan tidak menanggapi, sebagaimana poin pertanyaan Deliknews.com, menyangkut apakah BPJS Kesehatan menerima pembayaran iuran JKSS dan JKMP-Saiyo tahun 2019 sekira Rp 5,7 miliar lebih atas data peserta yang belum valid dari hasil analisis BPK.

Sebelumnya telah diberitakan, adanya permasalahan dugaan data tidak valid dari program JKSS JKMP-Saiyo Kabupaten Pasaman tahun anggaran 2019 sehingga diduga terdapat kelebihan pembayaran.

Baca juga: JKSS dan JKM Pasaman Berpotensi Rugikan Uang Negara

Kapolda Sumbar Toni Harmanto Turun Langsung Pantau Aksi Unjuk Rasa

Kampanye Kolom Kosong Jadi Polemik, Ini Kata Bawaslu Pasaman

Data peserta JKSS dan JKMP dengan dugaan kriteria ganda berupa kesamaan nama, tanggal lahir, nagari, dan nomor kartu keluarga, dengan jumlah sekira 560 peserta. Peserta diduga ganda tersebut terdaftar baik pada program JKSS maupun pada program JKMP dengan pembayaran iuran peserta ganda sebesar Rp36.501.000, dan dugaan kelebihan pembayaran iuran atas penduduk yang telah meninggal dan pindah daerah sebesar Rp68.931.000.

Kemudian, berdasarkan analisis lebih lanjut oleh BPK diketahui masih terdapat pembayaran iuran peserta atas penduduk yang belum dapat dijelaskan kondisinya selain data ganda, meninggal, dan pindah daerah sebanyak 250.426 pembayaran peserta senilai Rp5.759.798.000.

Deliknews.com telah mencoba mengkonfirmasi Bupati Pasaman secara tertulis, namun hingga berita ini ditayangkan belum ada balasan surat tersebut.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 200 kali

Baca Lainnya

Remaja dalam Lingkaran Bonus Demografi

Oleh : Ilham Mida, S.Pdi (Guru BK SMAN 5 Bukittinggi) Masa remaja merupakan masa yang...

Ilham Mida, S.Pdi (Guru BK SMAN 5 Bukittinggi)

6 Maret 2021, 13:45 WIB

Polsek Sikakap Dorong Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Kepulauan Mentawai, – Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH dan jajarannya bekerja sama dengan Forkopimca...

Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH dan jajarannya bekerja sama dengan Forkopimca melakukan bersih-bersih diwilayah Sikakap, Jum'at (5/3/21).

6 Maret 2021, 12:55 WIB

Cek Mapolsek Cisoka, Kapolresta Tangerang Bagikan Masker ke Tahanan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengunjungi Polsek Cisoka, Jumat (5/3/2021). Dalam...

6 Maret 2021, 10:41 WIB

Proses Hukum Anggota FPI Sudah Transparan

Kasus anggota FPI yang terjadi di KM 50 jalan tol Jakarta-Cikampek akan diselesaikan sebaik-baiknya. Setelah...

6 Maret 2021, 04:04 WIB

Bagikan 31.527 Masker, Polresta Tangerang dan 3 Pilar Terus Dorong Begini

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten kembali melaksanakan kegiatan pembagian masker dan Operasi Yustisi,...

5 Maret 2021, 23:15 WIB

Program Jumling dan Warung Jumat, Kapolresta Tangerang Gelorakan Pendekar Banten

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro kembali melaksanakan kegiatan Jumat Keliling (Jumling)...

5 Maret 2021, 22:58 WIB

loading...