Rabu, 20 Januari 2021 - 10:30 WIB

Kantor Bupati Pasaman

Kantor Bupati Pasaman

Pemkab Pasaman Bungkam Dikonfirmasi Soal Dana Covid-19

Pasaman, – Masyarakat berharap pemerintah dapat secara transparan dalam penggunaan uang negara terhadap penanganan Covid-19, demikian juga dengan pemerintah pusat berharap agar pemerintah daerah terbuka soal dana Covid-19.

Menurut Pasal 9 ayat (2) huruf c Undang – undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menyebutkan bahwa badan publik diwajibkan untuk mengumumkan secara berkala laporan keuangannya.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani telah memastikan dana yang digunakan untuk penanganan pandemi Covid-19 dibuka secara transparan.

“Kita mengumumkan jumlah uang yang digunakan, siapa yang akan menggunakan uang, untuk apa, berapa harganya,” ujar Sri Mulyani dalam diskusi virtual, Jumat (18/9/20) lalu.

Lain hal dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman terkesan tidak terbuka dalam penggunaan APBD Kabupaten Pasaman terhadap penanganan Covid-19. Deliknews.com pada Desember 2020 lalu, menyurati (surat konfirmasi) Bupati Pasaman, mempertanyakan penggunaan APBD Kabupaten Pasaman dalam penanganan Covid-19 dan Jaringan Pengaman Sosial bagi masyarakat terdampak akibat pandemi Covid-19 di Kabupaten Pasaman selama tahun 2020, namun surat belum ditanggapi.

Baca juga: Jalan Dua Koto Pasaman Makin Rusak Diduga Akibat 4 Excavator

Dinas PU Pasaman Akan Minta Pelaksana Perbaiki Jalan Rusak Jika Akibat Excavator

Ini Penjelasan BPK Soal Temuan Jaminan Kesehatan Warga Pasaman

Bupati Pasaman Yusuf Lubis menyampaikan bahwa surat konfirmasi sudah diteruskan kepada Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Pasaman.

“Ini surat sudah diteruskan ke pak Sekda, acc untuk ditindaklanjuti. Tidak masalah, sampaikan kepada pak Sekda bahwa telah melihat (surat) ke bupati. Silahkan temui pak Sekda”, ujar Yusuf Lubis saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis (14/1/21).

Kemudian dicoba untuk mengkonfirmasi Sekda Pemkab Pasaman, Mara Ondak, yang berkantor di samping ruang kerja bupati, namun saat itu ia tidak ada di kantor.

“Sudah pulang tadi (sekda). Masih di dalam (surat di ruang sekda), pokoknya surat ada di dalam. Nanti kalau ada (sekda) saya kabari”, ungkap Hidayat Rahman pegawai bertugas di kantor Sekda tersebut.

Setelah itu, dicoba menghubungi Sekda Mara Ondak via WhatsApp, mempertanyakan kapan surat dimaksud bisa diterima balasannya, namun belum ditanggapi.

Atas persoalan tersebut, Deliknews.com kembali menyurati (surat konfirmasi ke 2) Bupati Pasaman, pada Selasa (19/1/21) kemarin, namun belum ada balasan, hingga berita ini ditayangkan.

Deliknews.com juga menyurati Kepala Dinas Sosial sebagai Koordinator Bidang Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasaman tahun 2020 sebelum dibentuknya Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasaman, namun belum ditanggapi hingga pada Selasa (19/1/21) kemarin kembali diberikan surat konfirmasi ke 2.

Tidak hanya itu, berdasarkan pantauan, Pemkab Pasaman tidak menampilkan peraturan perundangan-undangan atau produk hukum yang mengatur penggunaan APBD Kabupaten Pasaman dalam penanganan Covid-19 di website jdih.pasamankab.go.id. Dengan tidak ditampilkannya peraturan perundangan-undangan, tentu masyarakat akan sulit berpartisipasi dalam pengawasan penggunaan uang negara dan kebijakan pemerintah.

“Tidak transparannya pemerintah terhadap penggunaan anggaran Covid-19 berasal dari uang negara yang termasuk hasil dari pajak rakyat, tentu meningkatkan peluang terjadinya penyalahgunaan anggaran dan tindak pidana korupsi,” kata salah satu warga menanggapi.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 151 kali

Baca Lainnya

Unand Diduga Terima Ratusan Juta Uang Kuliah Mahasiswa Bidikmisi

Padang, – Universitas Andalas (Unand) dikabarkan diduga melakukan pungutan atau penerimaan uang kuliah dari 98...

Kampus Universitas Andalas

4 Maret 2021, 23:07 WIB

PH PPDI Kecewa Tidak Ada Klarifikasi Dari Pihak Kecamatan Karusen Janang

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Sesyam Mertokusumo Law Firm selaku penasehat hukum dari Persatuan Perangkat...

4 Maret 2021, 22:19 WIB

Cegah Penyalahgunaan, Propam Polda Banten Cek Senpi Personel Polresta Tangerang

TANGERANG – Tim dari Bidang Propam Polda Banten melaksanakan kegiatan pemeriksaan senjata api (senpi) yang...

4 Maret 2021, 15:44 WIB

Sowan Sesepuh, Kapolresta Tangerang Silaturahmi ke Tokoh Masyarakat Cikupa

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro bersilaturahmi ke kediaman H. Cecep Miharja,...

4 Maret 2021, 15:38 WIB

Tingkatan Kerja Sama, Kapolresta Tangerang Silaturahmi ke Ketua PN Tangerang

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengunjungi Kantor Pengadilan Negeri (PN) Tangerang...

4 Maret 2021, 15:26 WIB

Pemkab Bartim Gelar Apel Kesiapsiagaan Personil dan Sapras Dalam Penanggulangan Karhutla

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Pemerintah Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Apel Kesiapsiagaan...

4 Maret 2021, 10:30 WIB

loading...