Perkembangan Pasar Komoditi di Indonesia

  • Whatsapp

Pasar komoditi semakin hari semakin berkembang pesat menuju ke arah yang lebih baik tentunya. Mencari informasi mengenai pasar ini sangatlah penting karena memiliki banyak manfaat. Bagaimana perkembangan pasar barang khususnya di Indonesia. Simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Istilah Komoditi

Istilah ini lebih mudah disebut dengan sebutan barang. Istilah ini dapat didefinisikan sebagai barang-barang yang memiliki nilai dan dapat diperjual belikan. Barang-barang ini memiliki berbagai jenis seperti emas, beras, timah dan lain sebagainya.

Harga dari suatu barang ditentukan berdasarkan banyaknya penawaran dan banyaknya permintaan pada barang tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran dari suatu barang adalah harga barang. Dengan memiliki jenis yang sama dari barang itu sendiri, ketersediaan barang, tingkat produksi dan tingkat konsumsi dari barang tersebut.

Setiap barang memiliki harganya masing-masing, walaupun memiliki jenis yang hampir sama. Harga dari barang juga akan selalu mengalami perubahan baik itu akan naik maupun mengalami penurunan. Pemilihan barang yang tepat harus selalu dilakukan agar kelancaran terus terjaga dan perkembangan pasar barang menjadi lebih baik.

Perkembangan Pasar Barang di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah dan beragam. Indonesia juga merupakan negara yang menjadi pusat produksi utama untuk berbagai komoditas unggul di dunia. Kekayaan alam yang melimpah dan beragam inilah yang menjadi alasan mengapa Indonesia dijajah oleh negara lain.

Tentunya penjajahan ini dilakukan untuk mengeksploitasi kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan memenuhi kepentingan dari bangsa tersebut.

Sebelum mengenal perdagangan, masyarakat Indonesia melakukan barter atau menukar satu barang dengan barang yang lain. Kegiatan barter ini memiliki nilai atau harga yang sama sehingga tidak merugikan satu pihak, dan dapat menguntungkan kedua belah pihak yang melakukan barter.

Setelah Indonesia menjadi negara yang bebas, dalam mengelola kegiatan jual beli atau perdagangan. Perlu untuk menentukan harga jual dari suatu barang juga melalui proses yang tidak sebentar. Masih banyak ancaman yang dialami Indonesia dalam mengembangkan pasar barang.

Hal ini mendorong Indonesia untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Karena supaya proses perdagangan barang menjadi lebih optimal dan mampu bersaing di kancah dunia. Pengoptimalisasian pasar barang ini dilakukan dengan membentuk pasar menjadi lebih terorganisir dengan cara membentuk bursa komoditi.

Perkembangan bursa atau pasar barang dapat mendorong Indonesia menjadi lebih bangkit dalam sektor perekonomiannya. Dengan adanya bursa, bursa dapat menjadi pusat dari perdagangan dan sebagai penentu harga barang asli yang berasal di Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi juga berjalan menuju ke arah yang lebih baik. Perkembangan teknologi menyebabkan bursa atau pasar barang di Indonesia dapat mencapai pasar global. Dengan memasuki pasar global, perdagangan barang Indonesia akan menjadi lebih adaptif dan lebih aktual.

Perkembangan teknologi ini membuat pasar barang di Indonesia tidak hanya berjalan secara fisik atau secara langsung namun bisa online atau melalui media elektronik. Dengan demikian kegiatan jual beli barang tidak perlu dilakukan secara tatap muka lagi.

Hal ini sangat menguntungkan karena dengan adanya teknologi, pengadaan perdagangan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Demikian penjabaran mengenai perkembangan pasar komoditi yang berkembang di Indonesia. Perkembangan pasar yang baik akan meningkatkan perekonomian Indonesia pula. Apakah Anda berminat untuk terjun dalam pasar barang? Pilihlah barang yang mampu bersaing dalam perkembangan pasar barang yang semakin maju.

 

Pos terkait

loading...