Tips Belanja Online Murah dan Berkualitas, Jangan Asal Beli!

  • Whatsapp

Ada banyak sekali keunggulan berbelanja secara online. Mulai dari lebih praktis, pilihan pembayarannya beragam, barang langsung di antarkan sampai rumah, dan tidak jarang harganya jauh lebih murah. Karena berbagai alasan itulah, belanja online dewasa ini menjadi tren yang tidak dapat terhindarkan. Namun tentu saja, belanja online harus dibekali dengan pengetahuan supaya tidak mendapatkan barang kualitas asal-asalan.

Salah satu tips dapatkan barang berkualitas adalah dengan membeli di tempat yang terpercaya, misalnya saja Grand Indonesia yang sudah ada di Blibli. Anda bisa mendapatkan barang berkualitas dengan cashback mencapai Rp 288 ribu. Ada banyak tips lainnya supaya Anda bisa dapatkan barang yang murah dan berkualitas, simak terus ulasannya.

Belanja di Official Store
Supaya Anda bisa dapatkan barang dengan jaminan asli dan kualitas baik, selalu beli di official store atau toko-toko resminya. Tidak hanya itu saja, customer service di berbagai official store juga bekerja secara profesional, jadi akan menjawab berbagai keluhan dan pertanyaan Anda. Para pembeli akan diperlakukan bak Raja.
Selain itu, karena official store ini sudah berpengalaman, biasanya sudah memiliki kerjasama yang baik dengan perusahaan pengiriman barang. Jika ada komplain, pasti akan mudah diusut dengan catatan, semua informasi yang dibutuhkan ada dan valid. Tidak jarang pula beberapa official store memberikan gratis ongkos kirim (ongkir) meski tidak pada momen tertentu.

Jika terpaksa tidak membeli barang di official store dengan berbagai alasan, Anda harus pastikan toko online yang dipilih terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Beberapa cirinya adalah mendapatkan rating yang bagus dan termasuk dalam jajaran top seller.

Beli Saat Flash Sale
Setiap marketplace, memiliki jadwal tersendiri untuk mengadakan flash sale. Contohnya saja Blibli yang juga mengadakan flash sale pada momen-momen Harbolnas dan juga harian. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk dapatkan harga murah dengan produk berkualitas. Namun karena barangnya terbatas, Anda perlu bersaing dengan banyak orang untuk mendapatkannya.
Dengan membeli saat momen flash sale, Anda akan dapatkan barang dengan harga yang lebih terjangkau. Ditambah lagi ada bonus potongan harga jika beli di toko-toko tertentu, jadi sangat menguntungkan.

Manfaatkan Harbolnas
Harbolnas atau yang merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional diperingati 12 Desember. Dan dahulu, momen tersebut cukup sakral dan jadi hari yang menyenangkan untuk para pembeli. Satu tahun sekali, berbagai keuntungan didapatkan. Seiring berjalannya waktu, Harbolnas yang awalnya hanya dilakukan pada 12 Desember saja sekarang sudah dilakukan dengan tanggal ganda. Misalnya saja pada 9 September (9.9), 10 Oktober (10.10) dan lain sebagainya.
Momen Harbolnas yang berkali-kali dalam satu tahu ini memang begitu memudahkan dan menguntungkan untuk para pembeli. Ada momen flash sale, penawaran harga yang sangat murah, cashback yang besar, jatah ongkos kirim, sampai dengan diskon yang berulang. Jika Anda sedang membutuhkan sesuatu, jangan lewatkan momen yang menyenangkan ini ya.

Baca Review Pembeli
Barang yang sama dijajakan dengan harga yang jauh lebih murah, pasti akan membuat Anda tergoda pada pandangan pertama. Supaya tetap bisa dapatkan barang yang berkualitas, jangan hanya melihat harga saja. Anda bisa melihat berbagai review dari pembeli sebelumnya. Jika toko online tersebut masih baru dan belum ada review dari pembeli sebelumnya, sebaiknya hindari.
Tidak hanya review saja, Anda bisa melihat foto atau video yang dikirimkan oleh pembeli sebelumnya. Dengan begitu, bisa mengetahui kualitas barang yang dikirimkan.

Memanfaatkan Berbagai Voucher
Setiap harinya akan selalu dibagikan voucher dari marketplace. Baik itu voucher untuk gratis ongkos kirim, potongan harga, atau penawaran cashback. Meski biasanya cashback yang diberikan bukan dalam bentuk uang, tapi masih akan tetap menguntungkan untuk order selanjutnya. Maka dari itu, jangan malas-malas untuk berburu voucher di marketplace yang dipilih.

Tidak jarang juga, jika Anda mengikuti toko-toko online di marketplace, juga mendapatkan tambahan poin dan voucher. Meski terlihat tidak begitu banyak, namun jika transaksi berulang, akan terkumpul juga. Lama kelamaan potongan harganya juga akan terasa besar.

Baca dengan Teliti Deskripsi
Guna dari deskripsi yang ada di bagian bawah adalah menjelaskan produk yang ditawarkan. Mulai dari bahan pembuatnya, expired date, pilihan warna dan ukuran, syarat dan ketentuan pengembalian, bahkan juga garansi. Bacalah dengan teliti, jangan sampai tergiur sebuah barang dari harga dan fotonya saja. Karena membeli barang secara online memang harus cerdas memilih.

Dalam harga pun juga perlu untuk berhati-hati. Anda bisa membandingkan harga satu tempat ke seller lain. Pastikan harga tidak jauh beda dengan yang ditawarkan oleh official store jika tidak ada momen tertentu. Hal tersebut akan berbeda jika ada momen tertentu, misal sedang ada momen ulang tahun toko dan memberikan potongan harga sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan selama ini.

Terapkan berbagai tips atau cara di atas supaya Anda bisa dapatkan barang berkualitas dengan harga terjangkau. Intinya, jika belum terlalu dibutuhkan jangan terburu-buru membeli, pastikan seller sudah terpercaya dan barang yang dijajakan original. Semoga informasinya membantu ya.

Pos terkait

loading...